Rabu, 07 Mei 2008

Oleh-Oleh Khas Kuningan

Lokasi : Kuningan, Jawa Barat
Kuliner : oleh-oleh khas Kuningan

Kuningan adalah salah satu kota kecil yang asri dan mulai berkembang di propinsi Jawa Barat. Letaknya di ujung perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Merupakan kota kesayangan Uda Dewa, karena di sanalah hometown-nya.

Hampir sebulan yang lalu Uda ke Bandung dan membawa oleh-oleh khas Kuningan. Yang utama dan terkenal adalah peuyeum/tape ketan. Berikut gambarnya :
peuyeum/tape ketan

Peuyeum/tape ketan ini dibuat dari ketan putih yang diasamkan dan dibungkus dengan daun jambu. Rasa asamnya itulah yang menjadi ciri khasnya. Dijual dalam wadah ember hitam bertuliskan Tape Ketan Asli Cibeureum, ada juga yang dijual dalam bentuk kemasan kecil kotak plastik.

Oleh-oleh khas lainnya adalah hui boled (baca: ubi boled). Warnanya ungu pekat, bisa dijadikan keripik dan rames. Cerita unik dibalik hui boled ini adalah saat itu lagi ga musimnya, jadi Uda sedikit kesulitan mencari pesanan Mama-ku ini, dan akhirnya berkat jasa Bapak-nya Uda yang tetap gigih mencarinya, dapat juga dari yang baru panen. Makasih ya,Pak :), ubi bolednya udah disulap jadi muffin hehe.

hui boled dan kecimpring

Berikutnya adalah kecimpring. Seperti keripik tapi lebih keras dan agak tebal. Mama dan aku suka banget dengan kecimpring ini. Rasanya lain sih, makin dimakan makin enak :D.

Serta oleh-oleh yang lainnya adalah koecang dan gemblong. Buat yang ingin jalan-jalan ke Kuningan, semoga informasi ini bisa membantu Anda :)

keripik bayam

Yang terakhir ini adalah khusus dibelikan Uda Dewa untuk aku. Keripik Bayam. Karena dirinya tahu aku ga bisa makan sayur, jadinya dikasih solusi ini deh. Thanks ya,Cha...enak banget keripik bayamnya, bikin ketagihan :-]

Note :
- Big thanks untuk De Nur (calon adik ipar) buat ngeluangin waktunya ngobrolin tentang oleh-oleh ini >:D< - Big thanks untuk Uda Dewa yang udah mau capek bawa oleh-oleh ini ke Bandung hihi :p

Artikel terkait :
Resep Muffin Ubi Boled Ungu
Resep Keripik Bayam

3 comments:

dewa on 8 Mei 2008 18.33 mengatakan...

Oleh-oleh yang paling keren adalah Hui Boled Ungu. Berhubung dapatnya pas mo berangkat, jadi terpaksa tanpa dicuci dulu, banyak tanhanya karena baru dipanen mendadak. Hihi....

Silvy on 8 Mei 2008 21.17 mengatakan...

Yang pasti, makasih banget udah mau direpotin huehehe :p

selera tour travel on 23 Maret 2009 20.57 mengatakan...

tape kuningan mang enak bro.., selamat menikmati.. en lam knal.. bro...

Belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia

Poskan Komentar

Berwisata dan Berkuliner bersama DC
Jalan... Makan... Yukz!

Posting Lebih Baru Posting Lama
 

Komentar

Statistik

eXTReMe Tracker
TopOfBlogs
Travel Blogs - Blog Top Sites
Travel
blog-indonesia.com
Dilihat kali sejak 27/12/07

Wisata DC Copyright © 2007-2010 Community is Designed by Bie