Jumat, 04 April 2008

Wisata dan Kuliner Riau

Lokasi : Pekanbaru, Dumai, Bengkalis, Dabok Singkep, Selat Panjang
Kuliner : oleh-oleh makanan, kue-kue import dari Malaysia, bahan masakan, durian

Tema Wisata DC kali ini adalah oleh-oleh dari Mama-ku yang baru pulang "berlibur" dari Riau untuk menghadiri acara keluarga di sana.

kue-kue dari Malaysia

Buah tangan yang selalu biasa dibawa jika berkunjung ke Dumai adalah kue-kue dan biskuit dari Malaysia ini yang memang sangat banyak dijual di Dumai. Kami pun tergila-gila dengan kelezatan, keanekargaman dan kreatif rasa-nya. Dan kue bolu kemasan merk London-lah yang paling enak dan empuk rasanya, harganya sekitar Rp. 16.800,-. Pada gambar di atas, bagian sebelah kanan bawah adalah kue bolu jenis baru yang pertama kali kami coba. Sama enak rasanya sepeti kue London Swiss Roll. Sementara biskuit keladi pada gambar di bawah ini :

Biskuit Keladi


adalah rekomendasi dari kakak sepupu dan ternyata setelah dicoba, rasanya seperti (baca: hampir mirip) biskuit vegetarian yang dulu pernah dibawa oleh kakak sepupu yang lain sebagai buah tangan, rasanya benar-benar crunchy, gurih banget ;). Berikut gambar biskuit vegetarian-nya :

Biskuit Vegetarian

Selain makanan kecil, ada juga bahan masakan khas yang dijual di Dumai-Riau yang selalu dibeli juga. Yaitu mie sagu, tauco dan sarden buatan Singapura. Mie Sagu yang seharga Rp.3.500,-/bungkusnya ini berasal dari daerah Selat Panjang, teksturnya agak kaku seperti karet gelang, warnanya putih transparan dan rasanya pun unik, Dapur Cantik pernah menyajikan resep berbahan dasar mie sagu ini yaitu Goreng Mie Sagu.

Oleh-oleh Riau - Bahan Masakan

Sementara tauco Sinsin yang seharga Rp.10.000,-/botol dan sarden Mili kaleng kecil seharga Rp.2.800,-/buah adalah rekomendasi dari keluarga yang disana. Khusus untuk sarden Mili, ikannya cukup besar dan rasanya enak-lain banget, andai dijual juga di Bandung, ngangenin seh :-].

Ada yang suka dengan buah durian? Mungkin dodol durian yang disebut dengan Lempuk di daerah Bengkalis-Riau, merupakan buah tangan khas dari sana yang pantas untuk dibawa pulang. Harganya memang cukup mahal, Rp.17.000,-/buah dan rasanya legit-kenyal, merupakan oleh-oleh yang tidak pernah ketinggalan dibawa pulang oleh Wisata DC. Ada juga selai durian, harganya Rp.25.000,-/buah (lihat pada gambar di bawah paragraf ini), selai ini dibelinya di daerah Dabok Singkep.

Oleh-Oleh Riau - Jajanan

Jambu Susu atau Jambu Gelas merupakan buah-buahan yang dibilang langka di daerah Riau ini. Beruntung saat itu Wisata DC bisa membawa pulang untuk oleh-oleh. Rasanya seperti jambu bol, manis terasa jika memang sudah benar-benar matang, gambarnya bisa dilihat pada gambar di atas ini. Beralih ke minuman, suka dengan tebu atau jagung? Ternyata di Dumai dijual sirup Jagung dan sirup Tebu,masing-masing seharga Rp.12.500,-/botol, enak banget rasanya, terutama untuk Tebu,hmmm.... :-].

Ada satu lagi, es kacang merah, yang merupakan jajanan khas Riau dikarenakan udaranya yang memang panas. Rasanya unik, kacang merah disini bukan-lah kacang merah di Pulau Jawa yang suka dijadikan sebagai bahan masakan untuk sup. Ukurannya lebih kecil dan warnanya merah pekat, sudah dijual juga di Bandung, Dapur Cantik pernah menceritakannya disini. Resep es kacang merahnya menyusul ya, sudah disimpan dalam buku resep :). Yuukk aahh..

Artikel terkait :
- Goreng Mie Sagu
- Rendang Sapi
- Muffin Tebu

Update 16.04.08 :
Resep Es Kacang Merahnya sudah bisa di dapatkan disini.

2 comments:

infogue on 15 April 2008 pukul 14.12 mengatakan...

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://www.infogue.com/makanan_minuman/wisata_dan_kuliner_riau/

visitor mengatakan...

thax buat informasi nya.........

Belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia

Posting Komentar

Berwisata dan Berkuliner bersama DC
Jalan... Makan... Yukz!

Posting Lebih Baru Posting Lama
 

Komentar

Statistik

eXTReMe Tracker
TopOfBlogs
Travel Blogs - Blog Top Sites
Travel
blog-indonesia.com
Dilihat kali sejak 27/12/07

Wisata DC Copyright © 2007-2010 Community is Designed by Bie