Jumat, 29 Februari 2008

Cireng Bandung Isi

Lokasi : Antapani, Bandung Timur
Kuliner : Cireng aneka rasa dengan aneka bentuk
Harga : Rp.1000,- per buah

Cireng merupakan jajanan Bandung yang digemari baik tua maupun muda. Cireng berasal dari kata aci digoreng, aci itu adalah tepung aci atau tepung tapioka. Klasiknya disantap dengan saus sambal dan tanpa isi. Namun kini dengan inovasi baru, cireng ini sudah "bergizi". Kenapa? Karena kini di kota yang terkenal dengan Factory Outlet-nya ini hadir Cireng Bandung Isi. Setelah sebelumnya CIMOL (aci digemol) menjadi fenomenal untuk sesaat :D.

Cireng Bandung Isi

Dari namanya saja mudah diketahui bahwa cireng ini ada isi di dalamnya. Dengan 7 macam isi yaitu kacang pedas, ayam pedas, kornet pedas, kornet tidak pedas, sosis pedas, bakso pedas serta keju, menjadikan cireng ini memiliki daya tarik tersendiri. Jika ketujuh macam isi cireng tersebut tidak dibarengi dengan sesuatu yang unik, kurang menarik tentunya (baca : kurang greget). Sesuatu yang unik itu adalah cireng yang beraneka bentuk sesuai dengan isinya. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Bentuk Cireng Aneka Isi

Keterangan gambar :
  1. Kacang Pedas berbentuk hati
  2. Ayam Pedas berbentuk kotak
  3. Kornet Pedas berbentuk segitiga
  4. Sosis Pedas berbentuk bulan sabit
  5. Bakso Pedas berbentuk bulat
  6. Keju berbentuk bunga
  7. Kornet tidak Pedas berbentuk elips

Sewaktu harga-harga sembako belum naik, harga cirengnya masih 800 rupiah, sekarang sudah naik menjadi 1000 rupiah. Hasil obrolan dengan tukang jualannya, ternyata dirinya hanya menjualnya saja, distribusi dari Dipati Ukur dan hanya mengambil untung Rp.200,- per buah. Dengan berjualan di depan kampus STIKes Dharma Husada Antapani, sepertinya sang Bapak tukang jualan akan laris manis tanjung kimpul huehehe :D, seperti halnya tukang jualan cireng yang sama (yang sudah berjualan lebih dahulu) yang berada di dekat rumah.

Cireng Bandung Isi yang dijual ini memang belum digoreng dan disimpan dalam beberapa wadah tupperware bersih, sesuai dengan bentuk dan isinya. Selain membeli yang sudah matang, kita pun bisa membeli yang masih mentah untuk digoreng sendiri di rumah. Sedikit tips dari tukang jualannya, katanya jika ingin menggoreng cireng, masukkan cireng dalam keadaan api kecil dan panas minyaknya dan setelah agak matang baru besarkan apinya. Tips ini untuk mecegah agar cireng tidak meletup saat proses digoreng.

Bagi yang penasaran dan ingin mencoba tapi bingung yang mana yang enak, Wisata DC merekomendasikan pilihlah cireng dengan isi kornet pedas dan keju, wuiiihhh..mantap banget pedasnya :).

Artikel terkait :
Festival Jajanan di Gasibu, Bandung

4 comments:

sridevi on 14 Mei 2009 14.51 mengatakan...

qta dari cireng rampat neh,
mau nawarin peluang usaha yang mudah simple dan sederhana malah dapet fasilitas kemitraan gratis...
kunjungin ajah website qta http://www.cirengisi.com

iswahyudi on 2 Juni 2009 19.56 mengatakan...

Wah sekarang Cireng Bandung Isi (CBI) ada di jakarta lho... tinggal cek spanduk ada gambar hati (love), kalo sama berarti rasa juga sama. Coba cek aja di cirengbandungisi.blogspot.com

Roess on 24 Agustus 2009 06.44 mengatakan...

Bagi yang berminat punya usaha kuliner camilan Cireng Bandung Isi, silahkan hub Roess di nomor 0812 1965 7561, 021 91521963 atau bisa kunjungi website Cireng Bandung Isi http://cirengbandungisi.com
Salam kenal semua, terima kasih buat yg punya blog, salam sukses mulia..

husen mengatakan...

kl mau jd mitra CBI d bogor gmn yach..?

Belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia

Poskan Komentar

Berwisata dan Berkuliner bersama DC
Jalan... Makan... Yukz!

Posting Lebih Baru Posting Lama
 

Komentar

Statistik

eXTReMe Tracker
TopOfBlogs
Travel Blogs - Blog Top Sites
Travel
blog-indonesia.com
Dilihat kali sejak 27/12/07

Wisata DC Copyright © 2007-2010 Community is Designed by Bie