Selasa, 15 Januari 2008

Kampung Cina

Lokasi : Kota Wisata Cibubur Jakarta
Wisata : aneka souvenir khas Cina

Pernah ke Kampung Cina? Lokasinya terletak di dalam Kota Wisata Cibubur. Begitu masuk, kita disuguhkan oleh patung khas dari berbagai negara, setelahnya diikuti dengan bangunan rumah-rumah mewah nan megah. Kampung Cina agak berada di bagian belakangnya.

Kampung Cina adalah suatu tempat yang menjual beraneka souvenir khas negara Cina. Seperti diriku yang menyukai kebudayaan Cina termasuk bahasanya, Kampung Cina ini sangat menarik di mataku. Pernak-perniknya begitu menggoda untuk dibeli dan dikoleksi. Hiburannya juga sangat menarik yaitu adanya pertunjukan barongsai di sela-sela kegiatan berbelanja kita di sana.

Kampung Cina Kota Wisata Cibubur Jakarta

Banyak hal yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh cerita, kenangan sendiri atau hadiah. Gantungan-gantungan kecil yang berbentuk boneka Cina dari bahan kayu, tempat lipstik single/double, dompet bercorak kehidupan masyarakat Cina, payung cantik atau bahkan kaos bertuliskan bahasa Mandarin. Bagi yang suka difoto, Anda temukan salah satu stand yang menyediakan jasa foto instan, di sana kita bisa memilih kostum mana yang disukai untuk difoto kemudian, contoh salah satu kostumnya bisa Anda lihat pada gambar di atas (asli, itu yang aku pakai di atas bagian kepala, agak berat, hehe).

Di Kampung Cina ini kita harus canggih dalam hal tawar menawar. Rajin ngubek-ngubek juga supaya ketemu barang yang aneh, langka dan bagus. Kalau sudah capek berkeliling dan merasa haus, di sana ada salah satu stand yang menjual air tebu. Duh, di Bandung mana ada air tebu..jelas, aku jadi girang banget deh :D.

Ngomong-ngomong tentang Bandung, duplikatnya Kampung Cina ini ada juga di Bandung, namanya China Emporium (berlokasi di Jl.Riau), tapi sayang makin kesini jadi makin hilang nuansa Cinanya, begitu juga stand-standnya yang mulai pada tutup :(.

Selain Kampung Cina, kita juga bisa mengunjungi Kampung Indonesia dan Kampung Jepang. Lokasinya berdekatan. Tapi sayang, Kampung Jepang sekarang sudah tidak ada stand yang buka sama sekali, kita hanya bisa berfoto dengan patung sumo-nya saja. Satu benda yang paling berkesan sewaktu dibeli di Kampung Indonesia adalah congkak lipat. Gambarnya bisa Anda lihat di atas. Harganya sekitar Rp.25.000,- dengan bahan dari kayu jati. Unik banget, bisa dilipat dan simpel dibawa kemana-mana :D.

Setelah puas berbelanja, kita bisa menikmati indahnya pemandangan dengan menaiki perahu naga. Antriannya memang panjang :D. Yang mempunyai anak kecil bisa bermain di taman bermain, ada patung dinosaurusnya lho, besar banget :).

Ayoo..berbelanja, refreshing sambil mengenal kebudayaan Cina. Yukz!

6 comments:

windalola on 7 Februari 2010 17.18 mengatakan...

hi ! aku lola . aku dan temen - tmen lgi bngung ni cri tmpat buat jalan stelah ujian tengah smester . stelah searching aku ckup trtarik sma kampung china .
sebagai anak SMA, aku bingung kira - kira brapa ya budget yg harus kita prsiapn .

Anonim mengatakan...

hi ... mau tanya dunk ...

kampoeng china itu masih berada di kota jakartanya?

apa ada alamat lengkap mengenai keberadaan kampoeng cina ini?

thanks

Anonim mengatakan...

mnt alamat lengkapnya dun...

Silvy on 30 September 2010 09.52 mengatakan...

Kampung Cina berada di dalam Kota Wisata (Cibubur)-nya.

Anonim mengatakan...

Deket rumah gw,tp gw malahgak pernah kesitu :D

Anonim mengatakan...

gak bagus, kiosnya banyak, tapi barang dagangannya sama semua. malah hampir semua kios jualannya .... payung!
gak pantas disebut kampung cina. tapi kalau untuk foto foto , liat2 boleh lah.

menurut saya, tempat ini dikategorikan sebagai tempat yang satu kali dikunjungi sudah cukup.

Belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia

Poskan Komentar

Berwisata dan Berkuliner bersama DC
Jalan... Makan... Yukz!

Posting Lebih Baru Posting Lama
 

Komentar

Statistik

eXTReMe Tracker
TopOfBlogs
Travel Blogs - Blog Top Sites
Travel
blog-indonesia.com
Dilihat kali sejak 27/12/07

Wisata DC Copyright © 2007-2010 Community is Designed by Bie